EmitenNews.com - PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP), melalui entitas usaha PT Catur Sentosa Anugerah (CSAN) meneken perjanjian kerja sama dengan PT COSMAX Indonesia (COSMAX). Itu dilakukan untuk hak distribusi eksklusif, dan pemegang hak merek iLikeMyself, salah satu produk COSMAX Indonesia. 


Menyusul kerja sama itu, CSAN akan mendistribusikan 1 brand dengan 5 varian Stock Keeping Unit (SKU) produk perawatan kulit (skincare). Produk perawatan ala Korea Selatan (Korsel) itu, sudah diformulasi dengan kondisi iklim, dan jenis kulit Indonesia. Produk unggulan itu, sudah teruji secara klinis, dan dapat memperbaiki struktur kulit apabila dipergunakan secara teratur. 


Masuknya CSAN di pasar perawatan kulit tidak lepas dari potensi besar pasar produk kecantikan, dan perawatan diri di Indonesia. Berdasar data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) edisi 2020-2021, pasar kecantikan dan perawatan diri di Indonesia diperkirakan mencapai USD6,03 miliar pada 2019, dan diprediksi tumbuh menjadi USD8,46 miliar pada 2022. Indonesia akan menjadi pasar kosmetik terbesar ke-5 dunia dalam 10-15 tahun mendatang.


Oey Tanto Sugiarto, Chief Operating Officer (COO) PT Catur Sentosa Anugerah menyebut berbekal pengalaman CSA Group di sektor distribusi selama lebih dari 30 tahun, dan distribusi barang konsumen selama 10 tahun lebih, CSAN akan memperkuat portofolio produk distribusi barang konsumen di Indonesia. 


Dengan dukungan 38 area distribusi mampu menjangkau seluruh Indonesia, CSAN akan mengembangkan produk skincare di channel Convenience Store/minimarket (CVS). Di mana channel itu, tumbuh pesat seiring kebangkitan perekonomian nasional pasca-membaiknya penanganan pandemi. 


Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia mengaku kerja sama itu langkah strategis COSMAX untuk selangkah lebih dekat dengan konsumen Indonesia. COSMAX Inc, Korea telah berpartisipasi dalam industri global beauty & personal care selama 30 tahun, dan melayani ratusan merek kecantikan. ”Melalui kerja sama dengan CSAN, COSMAX Indonesia, percaya dengan keahlian, kemampuan R&D, dan wawasan tren dalam memenuhi preferensi konsumen Indonesia dengan sukses,” tukas Cheong Ming-Kyoung.


Saat ini, seperempat dari 7 miliar penduduk dunia menggunakan produk kecantikan, dan perawatan COSMAX. Secara global, 600 perusahaan kecantikan, termasuk 15 dari 20 perusahaan kecantikan teratas dunia, bermitra dengan COSMAX. ”Kami percaya kerja sama pengembangan produk bersama akan berdampak signifikan pada pasar perawatan diri di masa mendatang,” imbuhnya. 


Catur Sentosa pada tahap awal menarget pendistribusian brand produk perawatan kulit (skincare) menyasar 19 ribu mini market Indomaret, dan Alfamart seluruh Indonesia. ”Proyeksi pendistribusian itu, akan bertambah dari waktu ke waktu seiring target pertumbuhan double digit setiap tahun,” ungkap Oey Tanto Sugiarto. 


Entitas anak dengan kepemilikan saham 99 persen itu, berdiri sejak 2012. Memiliki 38 area distribusi dengan 10 regional distribution hub menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Saat ini, CSAN memiliki kawasan pergudangan seluas 40 ribu meter persegi (m2), 300 armada distribusi mampu melayani 100 ribu pelanggan ritel seluruh Indonesia. (*)