EmitenNews.com - Meredanya tekanan makroekonomi tahun ini diyakini dapat meningkatkan minat investasi, terutama generasi muda yang tergolong ke dalam kategori Gen-Z. Di tengah peningkatan minat investasi tersebut, salah satu agen penjual efek reksa dana (Aperd) online yaitu PT Raiz Invest Indonesia optimistis dapat meningkatkan jumlah nasabah Gen-Z menjadi total 200.000 nasabah.

 

Prediksi tersebut menjadi bagian dari rencana Raiz Indonesia yang berniat meningkatkan jumlah total nasabah menjadi 1 juta nasabah, atau naik lebih dari 40% dari posisi akhir 2022 sekitar 700.000 nasabah.

 

“Kami optimistis prediksi tersebut dapat tercapai mengingat saat ini masyarakat secara luas sudah semakin sadar keuangan sekaligus sadar teknologi, di mana Gen-Z juga didukung tingkat keingintahuan yang lebih tinggi daripada kategori umur lain,” ujar Fahmi Arya Wicaksana, CEO Raiz Indonesia, hari ini, 22 Februari 2023.

 

Per akhir tahun lalu, porsi nasabah Gen-Z Raiz Indonesia berada pada kisaran 10% dari total 700.000 nasabah. Jumlah nasabah tersebut mewakili jumlah rekening pengguna nasabah yang dikelola perusahaan. Dengan demikian, tahun ini, Raiz Indonesia juga menargetkan peningkatan porsi jumlah nasabah Gen-Z dua kali lipat menjadi 20% dari sebelumnya 10%.

 

Capaian 700.000 rekening nasabah perusahaan teknologi keuangan (fintech) di pasar modal tersebut juga menunjukkan adanya kenaikan lebih dari 40% dari posisi akhir tahun sebelumnya yaitu 500.000 rekening nasabah.

 

Fahmi mengatakan tahun ini perusahaan optimistis jumlah nasabah Gen-Z dapat meningkat pesat yang disertai oleh pengembangan serta sosialisasi-edukasi kepada publik seperti lembaga pendidikan dan kampus.

 

"Tekanan inflasi yang mereda kami harapkan dapat menjadi pemicu peningkatan konsumsi dan investasi masyarakat,” ujar Fahmi. Terkait target dan kinerja, dia juga mengatakan Raiz Indonesia menargetkan dapat mencapai status rasio pendapatan terhadap beban (revenue per cost ratio) yang positif pada 2025.

 

The 19th MIST


Salah satu bentuk kerja sama dengan lembaga pendidikan dan kampus adalah dengan The 19th Marketing Insights Seminar and Training (MIST) yang digelar Management Student Society dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI).