EmitenNews.com - WIR Group (PT WIR Asia Tbk), perusahaan teknologi imersif dan Web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), melalui anak usahanya Nusameta berkolaborasi dengan Institut Pariwisata Trisakti, perguruan tinggi swasta ternama Indonesia yang berfokus pada bidang pariwisata, untuk melakukan pegembangan pariwisata masa depan berbasiskan Web3.

 

Peranan transformasi digital di bidang pariwisata adalah penting, hal ini seiring dengan tujuan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memperkuat sektor Pariwisata Indonesia dari seluruh sektor industri sehingga pelaku industri di Indonesia dapat berperan aktif dalam mendukung keseimbangan ekosistem pariwisata Indonesia yang menjadi sumber devisa utama.

 

Melalui pengembangan program studi Sarjana Bisnis Digital yang baru dibuka oleh Institut Pariwisata Trisakti, harapannya pengembangan pariwisata berbasikan Web3 ini akan mendorong kesiapan untuk mencetak SDM unggul di Indonesia untuk menghadapi tantangan pariwisata masa depan melalui teknologi imersif.

 

Sebagai perguruan tinggi swasta pertama yang membangun program Magister Pariwisata dan Doktor Pariwisata di Indonesia, Institut Pariwisata Trisakti berkomitmen untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas serta berbasiskan teknologi.

 

Fetty Asmaniati, SE., MM., selaku Rektor Institut Pariwisata Trisakti, mengatakan, “Kecenderungan teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan untuk menyajikan pengalaman pariwisata yang tidak terlupakan telah menjadi fokus utama Pariwisata Indonesia. Untuk itu, Institut Pariwisata Trisakti melihat kolaborasi dengan Nusameta selaku anak perusahaan WIR Group, merupakan penting agar tercipta kualitas SDM pariwisata Indonesia yang unggul dan dapat bersaing diberbagai sektor industri, selain itu harapannya kerjasama strategis juga akan berdampak pada pengembangan kurikulum pariwisata Indonesia yang terkini.”

 

Stephen Ng, selaku Chief Executive Officer Nusameta, mengungkapkan antusiasnya dalam menyambut kolaborasi ini. "Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan Institut Pariwisata Trisakti dalam menyusun tantangan pariwisata masa depan yang inovatif dan imersif berbasiskan Web3. Melalui integrasi pengembangan teknologi masa depan, kami berharap solusi teknologi yang dihadirkan oleh WIR Group dan Nusameta dapat meningkatkan cara orang berinteraksi dengan destinasi pariwisata dan memperkaya pengalaman mereka,” kata Stephen Ng.

 

Kolaborasi ini diresmikan melalui penandatanganan MoU diantara Nusameta dan Institut Pariwisata Trisakti yang diwakili oleh Stephen Ng, selaku CEO Nusameta, dan Fetty Asmaniati, SE., MM., selaku Rektor Institut Pariwisata Trisakti, bertempat di Kantor Pusat WIR Group pada hari Jumat, tanggal 21 Juli 2023. 

 

Adapun dalam kerjasama ini, Nusameta akan memberikan ruang pengembangan kurikulum pariwisata masa depan berbasiskan Web3 serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk langsung belajar terkait implementasi teknologi dari ekosistem virtual digital yang berguna bagi pengembangan bisnis digital di dalam sektor pariwisata. Ekosistem virtual digital diyakini dapat menjadi solusi untuk mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan industri pariwisata, terutama dalam meningkatkan daya tarik wisatawan.

 

Lebih lanjut untuk solusi dalam bisnis digital, salah satunya yang paling terkini adalah solusi teknologi AI, di mana saat ini hampir seluruh sektor telah menggunakan AI untuk mendukung kinerja bisnisnya.