EmitenNews.com - Anak usaha PT Dharma Satya Nusantara Tbk. (DSNG) yaitu PT. Dharma Energi Investama (DEI) mendirikan perusahaan patungan dengan anak usaha Sumitomo Forestry CO. LTD (Sumitomo) yaitu PT. Sumitomo Forestry Indonesia (SFI) pada tanggal 17 April 2023

 

Paulina Suryanti Corporate Secretary DSNG dalam keterangan tertulisnya Jumat (28/4) menyampaikan bahwa DEI dan SFI mendirikan perusahaan patungan (joint venture) bernama PT. Biomassa Lestari Nusantara (BLN) dengan modal dasar sebesar Rp90 miliar setara dengan USD6 juta.

 

BLN merupakan penanaman modal asing yang berdomilisi di Indonesia dengan komposisi kepemilikan saham DEI sebesar 51% dan SFI sebesar 49% dan tidak ada hubungan afiliasi antara DSNG dengan SFI maupun Sumitomo.

 

"BLN dibentuk dengan tujuan mendirikan pabrik manufaktur pellet kayu (wood pellet) dalam rangka penyediaan pellet kayu yang akan digunakan sebagai bahan bakar biomassa,"terangnya.

 

Kerjasama ini merupakan langkah strategis DSNG dalam menerapkan kebijakan berkelanjutan yaitu memanfaatkan limbah kayu dari industri kayu menjadi produk yang bernilai ekonomis dan dari sisi keuangan terdapat investasi dari modal kerja yang disetor DSNG melalui DEI kepada BLN.

 

Dalam penuturannya Paulina menambahkan pembentukan perusahaan patungan ini bukan merupakan transaksi material dan bukan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 17/POJK.04/2020 dan POJK 42/POJK.04/2020.