EmitenNews.com - Ini komitmen PT Kedai Sayur Indonesia dalam membantu pengurangan sampah melalui kerjasama dengan platform pengelola sampah digital yaitu Waste4Change dan Rapel. Melalui kolaborasi ini, perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group itu, meluncurkan kampanye "Restorasi Nasi, Setor Sampah Bisa Donasi Beras". Setiap 1 kg sampah ditukar dengan 1 kg beras.


Dalam keterangannya yang dikutip Ahad (24/4/2022), CEO PT Kedai Sayur Indonesia, Adrian Hernanto mengatakan, kolaborasi ini juga salah satu upaya KedaiMart menuju zero waste e-grocery platform di Indonesia. Ia berharap kerja sama itu, menjadi awal yang baik dalam mewujudkan kerja sama lebih luas lagi, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan industri demi menanamkan nilai-nilai pentingnya waste management and solution di sektor industri dan juga di tingkat rumah tangga dan komunitas.


“Selain itu, melalui kerja sama ini juga dapat menonjolkan perbaikan di industri pangan online dan ekosistem pertanian yang akan berdampak baik pada lingkungan melalui pengumpulan sampah yang kami lakukan dan juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.


Dalam kerja sama ini, KedaiMart akan berperan sebagai penyelenggara dan penyedia sehingga 10 ton beras yang akan dibagikan mulai April 2022. Sedangkan  Waste4Change sebagai rekan penyedia platform pengumpulan sampah terpilah melalui layanan Send Your Waste (SYW) yang menerima sampah terutama di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.


“Untuk mengoptimalkan pengumpulan sampah di titik wilayah Jawa Tengah dan sebagian Tangerang Selatan, Rapel juga akan membantu sebagai wadah penyetoran sampah untuk ditukarkan menjadi beras,” katanya.


Adrian menambahkan, penukaran sampah menjadi beras dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya, sampah dapat ditukarkan secara fisik di tempat yang sudah ditentukan atau secara pengiriman online melalui sistem "Send Your Waste" yang dapat ditemukan di situs Waste4Change (w4c.id/SYW). Dengan kedua cara tersebut, masyarakat dapat mengirimkan sampah anorganik mereka untuk ditukar menjadi beras yang akan didonasikan kepada komunitas-komunitas yang membutuhkan seperti Yayasan, Pesantren, Gereja, Vihara dan lain sebaganya.


Mohamad Bijaksana Junerosano, CEO Waste4Change menerangkan tujuan dari program Send Your Waste dari Waste4Change, membantu masyarakat mendaur ulang sampah anorganik mereka dan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumber. Sejak awal diinisiasi hingga kini, Send Your Waste Waste4Change telah berhasil menerima lebih dari 31.000 kg sampah.


“Kami berharap kerja sama dengan Kedaimart dalam kampanye Restorasi Nasi ini mampu meningkatkan partisipasi publik dalam menjaga kesejahteraan bersama, salah satunya dengan mengelola sampah dengan bertanggung jawab," katanya.


KedaiMart juga terus mengantisipasi ketersediaan barang dengan mengembangkan teknologi secara end-to-end. Pengembangan dilakukan pada sistem manajemen produk kering dan segar, gudang, sistem manajemen transportasi, dan pengembangan layanan platform. Ini sejalan dengan pertumbuhan bisnis KedaiMart yang signifikan hingga Kuartal I-2022 ini. Transaksi KedaiMart tercatat meningkat mencapai sekitar 800 persen pada Kuartal I-2022 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. ***