EmitenNews.com - Anak usaha PT Krakatau Steel (KRAS) yaitu Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) mengantongi dana segar USD12,09 juta. Itu didapat dari divestasi saham milik perusahaan di PT Krakatau Posco Chemical Calcination (KPCC), dan Krakatau PosChem DongSuh Chemical (KPDC).


KSI menjual saham KPCC, dan KPDC kepada Krakatau Global Trading (KGT). ”Transaksi afiliasi tersebut telah dilakukan pada 8 Maret 2022,” tutur Pria Utama, Corporate Secretary Krakatau Steel, Kamis (10/3).


Rinciannya, KSI melepas kepemilikan saham di KPCC senilai USD6,16 juta. Lalu, menjual saham di KPDC sejumlah USD5,92 juta. ”Tujuan transaksi untuk mendukung rencana pengembangan KSI dengan fokus terhadap peningkatan bisnis kawasan industri terintegrasi. Jadi, secara konsolidasi akan berdampak positif kepada perseroan,” imbuh Pria. 


Selain itu, transaksi juga untuk penataan portofolio bisnis anak perusahaan dan group. Transaksi itu, akan memperkuat sinergi antara perseroan dan grup. Lalu, penataan struktur bisnis di lingkungan grup perusahaan. (*)