EmitenNews.com - Entitas usaha PT Wijaya Karya (WIKA) yaitu WIKA Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ) memperoleh pinjaman Rp1,17 triliun. Fasilitas kredit sindikasi itu, didapat dari Bank Mandiri, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), dan Bank BJB. 


Transaksi itu, pinjaman secara langsung dari bank, dan pemberi jaminan atas pinjaman tersebut. Menyusul perolehan kredit sindikasi itu, WTJJ memberi jaminan dengan total nilai pengikatan minimal 100 persen dari total nilai proyek Rp1,67 triliun. Dengan rincian pinjaman limit KI pokok Rp1,08 triliun, dan limit KI IDC Rp92,47 miliar.


Transaksi itu, dilakukan pada 1 April 2022. Transaksi itu, dilatari untuk memenuhi persyaratan pendahuluan alias financial closing oleh WTJJ sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).


”Pinjaman itu, untuk pembiayaan konstruksi proyek SPAM Regional Jatiluhur I, sebagian dari belanja modal WTJJ dengan porsi 70 persen dipenuhi melalui fasilitas perbankan, dan 30 persen melalui ekuitas WTJJ,” tutur Corporate Secretary Wijaya Karya Mahendra Vijaya. (*)