EmitenNews.com - PT Astra Land Indonesia (ALI) bakal membangun proyek township baru. Joint venture antara Astra Property dan Hongkong Land itu, menjalin kerja sama dengan Bumi Serpong Damai (BSDE). Lalu, keduanya membentuk joint venture berlabel Ruby Karya Sejahtera (RKS).


RKS dibentuk pada Maret 2023 lalu, dengan skema kepemilikan ALI 75 persen, dan Bumi Serpong Damai 25 persen. Kolaborasi tersebut diresmikan melalui penandatanganan akuisisi lahan dilakukan pada Jumat (8/12). 


RKS akan menggarap proyek properti di kawasan Jalan Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi. Dengan luas lahan sekitar 73 hektare (ha), proyek itu fokus pada pembangunan township terdiri dari rumah tapak, dan area komersial menyasar segmen menengah, dan menengah ke atas. 


Lokasi proyek tersebut dapat diakses melalui jalan Tol Jatikarya (Cimanggis-Cibitung) menghubungkan lokasi township dengan pusat kota Jakarta. Pada Juli 2023 lalu, ALI melalui RKS, telah meneken komitmen akuisisi lahan, dan akan segera memasuki tahap pengembangan desain. 


Presiden Direktur ALI, Wibowo Muljono mengatakan melalui proses pertimbangan matang sepanjang tahun 2023, perseroan berkolaborasi dengan Bumi Serpong Damai dapat menghasilkan proyek bersama pada lokasi strategis untuk bisa memenuhi kebutuhan customer. ”Semoga kolaborasi berjalan lancar,” tegas Wibowo.


Direktur Bumi Serpong Damai Herry Hendarta menambahkan joint venture itu menjadi kesempatan baik mengarungi 2023. ”Kami optimistis untuk bersinergi, dan mengembangkan proyek ini bersama ALI. Kami berharap, bisa sama-sama mengembangkan karya membanggakan bagi kedua belah pihak,” harapnya. 


Kehadiran proyek township besutan RKS tersebut, akan menambah deretan portofolio residensial Astra Land Indonesia, setelah pada pertengahan tahun 2023 lalu melakukan groundbreaking green township Ammaia Ecoforest di wilayah Cikupa, Tangerang. (*)