EmitenNews.com - Gereja Maria Diangkat ke Surga, atau dikenal sebagai Gereja Katedral, di Jalan Katedral nomor 7, Jakarta Pusat, didatangi ribuan umat Katolik. Mereka datang dari berbagai wilayah untuk mengikuti Ibadah Jumat Agung hari ini, Jumat, 7 April 2023. Ibadah Jumat Agung dibagi dalam tiga sesi.

 

Ketua seksi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Katedral, Christoforus, didampingi JB Edy Sarwono,Jumat, mengungkapkan, Sesi pertama pukul 12.00 WIB yang digelar secara offline. Lalu, sesi kedua dan ketiga digelar pukul 15.00 WIB dan pukul 18.00 WIB, yang digelar secara hybrid.

 

Gereja Katedral menyiapkan tenda dan ribuan kursi di seputaran gereja. Semua kursi dipenuhi umat. Ada yang datang dua jam sebelum misa dimulai agar dapat tempat duduk.

 

Satu hal, dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah, Gereja Katedral tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Para umat yang beribadah wajib menggunakan masker.

 

Untuk mengamankan situasi, sebanyak 110 petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Gegana diterjunkan untuk mengamankan ibadah Tri Hari Suci di Gereja Katedral.

 

"Dari internal Gereja Katedral, kami menyiapkan puluhan anggota untuk pengamanan selama Misa Tri Hari Suci," kata Christoforus.

 

Sebelumnya ibadah Jalan Salib pada pukul 09.00 WIB menampilkan drama atau tablo kisah sengsara penyaliban Yesus Kristus yang dibawakan oleh Orang Muda Katolik (OMK) Katedral Jakarta.

 

Warna liturgi Jumat Agung adalah merah, karena melambangkan api kasih, darah Kristus, dan pengorbanan. Namun warna liturgi tersebut bukan merupakan ketentuan pakaian khusus bagi umat yang menghadiri peringatan Yesus wafat di kayu salib.

 

Disebut Jumat Agung, karena dalam kepercayaan umat Katolik, Yesus disalib pada hari Jumat. Jumat Agung juga dikenal sebagai Jumat Suci atau Jumat Hitam.