EmitenNews.com - PT Avia Avian Tbk (AVIA) optimistis mencapai pertumbuhan penjualan dan laba bersih dua digit pada akhir tahun 2022. Pencapaian itu sejalan dengan peningkatan permintaan berbagai produk emiten produsen cat dan pelapis dekoratif terkemuka di Indonesia ini.


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (14/2/2022), Presiden Direktur AVIA, Wijono Tanoko, melihat tahun ini ada peluang dan potensi pada industri cat yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. AVIA terus gencar menambah jaringan distribusi sehingga semua toko bahan bangunan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke mendapat akses terhadap berbagai macam produk dengan mudah dan cepat. “Kami terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai varian produk yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.”


AVIA berhasil melewati tahun 2021 dengan baik, seiring dengan membaik dan stabilnya situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Perseroan terus mengantisipasi pemulihan penjualan pada paruh kedua tahun 2021 menyusul pelonggaran pembatasan Covid-19 secara bertahap oleh Pemerintah. Sejalan dengan upaya tersebut, hingga akhir tahun 2021, Perseroan memperkirakan penjualan bertumbuh sekitar 18 persen dan diestimasikan mencapai sekitar Rp6,8 triliun.


AVIA telah memiliki 2 pabrik cat yang aktif beroperasi dengan total kapasitas lebih dari 286 ribu metrik ton per tahun, yang telah memproduksi bermacam merek cat dan produk ternama, seperti No Drop, Sunguard All in one, Supersilk Anti Noda, Avitex, Avian Sintetik, dan lainnya. AVIA juga memiliki pusat riset, pengembangan dan inovasi, salah satu yang terbesar di Indonesia bernama Avian Innovation Center (AIC), dilengkapi 11 laboratorium dan didukung 65 peneliti berdedikasi dan inovatif.


Wijono yakin bahwa kinerja AVIA tahun ini dapat lebih baik setelah didukung oleh momentum IPO Perseroan yang berhasil dilaksanakan pada akhir tahun 2021. Langkah IPO ini, kata dia, menjadi tonggak sejarah baru. “Momen ini membawa AVIA memasuki babak baru dalam perjalanannya sebagai produsen cat nomor 1 di Indonesia.” (Eko Hilman). ***