EmitenNews.com – Survei yang dilakukan oleh Indeed Inc., situs pencarian kerja, menunjukkan pekerja yang lebih tua lebih takut meminta kenaikan gaji atau promosi pada kondisi pasar tenaga kerja yang lesu dan diredam oleh pandemi.


Pandemi telah membuat sebagian besar karyawan semakin ragu-ragu untuk meminta lebih banyak, tetapi efeknya paling jelas terlihat pada pekerja yang lebih tua.


Melansir Bloomberg, pekerja yang lebih tua mungkin takut menjadi sasaran usia di tempat kerja. Mereka menunjukkan penurunan yang lebih tajam dalam kenyamanan meminta kenaikan gaji atau promosi selama pandemi dibandingkan pekerja yang lebih muda.


Hampir semua kelompok pekerja mengatakan bahwa mereka lebih ragu untuk meminta kenaikan gaji daripada sebelum pandemi, tetapi pekerja yang lebih tua secara khusus cenderung tidak meminta lebih: 51% pekerja berusia antara 54 - 65 tahun mengatakan mereka merasa nyaman atau agak nyaman meminta kenaikan gaji pada pekerjaan mereka saat ini, turun dibandingkan dengan 65% sebelumnya.


Sementara itu, para wanita mengatakan bahwa mereka sekarang lebih nyaman meminta jam atau lokasi kerja yang fleksibel, dan jadwal yang lebih lancar, dibandingkan sebelumnya. "Kemungkinan tren ini terkait langsung dengan pandemi karena para pekerja mencari akomodasi untuk melindungi kesehatan atau perawatan anak-anak mereka,” kata ekonom Indeed, AnnElizabeth Konkel dalam laporan tersebut.


Indeed mensurvei 2.000 orang dewasa Amerika pada Desember 2020 dan meminta mereka untuk membandingkan bagaimana perasaan mereka sekarang dengan bagaimana mereka mengingat perasaan sebelum Covid-19.


Para pria masih lebih mungkin dibandingkan para wanita untuk mengatakan bahwa mereka nyaman meminta kenaikan gaji: 74% pria dan 58% wanita mengatakan mereka merasa nyaman atau agak nyaman meminta kenaikan gaji, sementara 81% pria dan 66% wanita mengatakan mereka merasa seperti itu sebelum pandemi. “Saat mengontrol industri, gender masih memainkan peran penting dalam laporan tingkat kenyamanan pekerja dengan meminta kenaikan gaji atau promosi,” ujar Konkel.


Ketika ditanya apakah 12 bulan ke depan akan menjadi waktu yang lebih baik untuk meminta kenaikan gaji, lebih dari dua pertiga pria setuju dibandingkan dengan 52% wanita. (LW)