EmitenNews.com - PT Garuda Indonesia (GIAA) mendukung pengembangan olahraga nasional, terkhusus sepak bola. Garuda Indonesia menjadi Official Airline, dan mendukung penuh seluruh rangkaian kegiatan LIB bersama 18 kontestan liga satu sepanjang tiga tahun ke depan.


Itu berlaku sejak 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2024. Kolaborasi strategis tersebut ditandai teken kesepakatan antara Garuda Indonesia dengan PT LIB di Stadium I Wayan Dipta, di Bali, Jumat (7/1). Perjanjian kerja sama Corporate Account dilakukan Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade  R. Susardi, dan Presiden Direktur LIB, Akhmad Hadian Lukita. 


Menyusul sinergi itu, lingkup kerja Garuda Indonesia meliputi penyediaan layanan penerbangan bagi seluruh manajemen, atlet, kontingen, dan suporter dari seluruh klub di bawah naungan LIB, layanan kargo charter, ancillary, kerja sama bidang marketing hingga potensi pengembangan digital apps sebagai ekosistem, dan channel baru bagi kedua belah pihak.


Manajemen Garuda Indonesia menyebut kerja sama itu, wujud dukungan sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk berada di garda terdepan dalam mendukung upaya memajukan olahraga nasional, memberikan dukungan aksesibilitas, dan kemudahaan layanan penerbangan dalam memfasilitasi kegiatan sepak bola di bawah naungan PT LIB. 


Kerja sama itu, diharap mendukung peningkatan prestasi sepak bola nasional. Selain itu, menjadi langkah positif pemulihan ekonomi dengan mendorong pertumbuhan ekosistem pariwisata melalui sektor sport tourism berbagai destinasi tujuan wisata. Caranya dengan menghadirkan layanan penerbangan aman, nyaman bagi seluruh atlit, dan seluruh pendukung 18 klub di bawah lingkup PT Liga Indonesia Baru,” tutur Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade  R. Susardi, akhir pekan lalu. 


Sementara itu, Presiden Direktur Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita mengatakan kerja sama dengan Garuda Indonesia, tentu akan memberikan manfaat lebih bagi pelaku sepak bola nasional. ”Kami berharap kerja sama ini bisa membantu operasional klub-klub kompetisi profesional,” tegas Akhmad.


Liga Indonesia Baru merupakan operator penyelenggara turnamen sepak bola nasional di bawah naungan PSSI. Menjalankan sejumlah turnamen terbesar sepak bola nasional seperti Liga 1, dan Liga 1 Youth di Indonesia.


Melalui kerja sama itu, Garuda Indonesia turut memberikan potongan harga khusus pada pelaksanaan berbagai turnamen bagi seluruh atlet, official, dan pemilik klub. Garuda Indonesia juga akan menyediakan dedicated counter check-in untuk mempermudah aksesibilitas proses pre-flight bagi seluruh atlet, kontingen, dan official tersebut. (*)