EmitenNews.com - Indonet (EDGE) menambah suntikan modal Ekagrata Data Gemilang (EDG) menjadi Rp290 miliar. Artinya, ada limpahan sekitar Rp170 miliar dari sebelumnya senilai Rp120 miliar. Penambahan itu, telah dilakukan pada 16 April 2024.

Tambahan pinjaman tersebut diberikan dengan bunga floating interest rate kecuali disepakati lain secara tertulis oleh para pihak. Di mana, durasi pinjaman 1 tahun sejak tanggal penarikan. Transaksi tersebut masuk ranah afiliasi. 

Pasalnya, perseroan mengempit 99,83 persen dari seluruh modal disetor dalam EGD. Hanya, transaksi tersebut tidak memenuhi batasan material yang ditetapkan dalam POJK 17. Dengan begitu, transaksi bukan merupakan transaksi material. 

”Tambahan pinjaman perseroan kepada Ekagrata Data Gemilang untuk menunjang kegiatan usaha atau operasional anak usaha,” tegas Donauly Elena Situmorang, Direktur Indointernet. 

Transaksi afiliasi tersebut klaim manajemen tidak mengandung benturan kepentingan. Transaksi afiliasi ituu, merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan berdasar Pasal 6 ayat (1) huruf b POJK 42/2020. Dan, perseroan pemilik 99,83 persen saham dari seluruh modal disetor dalam EDG. (*)