EmitenNews.com - Pengganti Zainudin Amali untuk mengisi kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah disiapkan. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah memberikan kepada Presiden Joko Widodo, tiga nama calon Menpora pengganti Zainudin Amali, yang mundur karena akan berkonsentrasi sebagai Wakil Ketua PSSI. Sejauh ini Golkar belum menyebutkan nama, meski di lapangan sudah mencuat nama Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin. 

 

Kepada pers, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, nama-nama yang disodorkan Partai Beringin itu akan dipilih oleh Presiden Jokowi. "Calon Menpora sudah, Ketua Umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden pilih dari tiga calon yang diusulkan itu."

 

Lodewijk mengaku tidak tahu pasti siapa saja tiga nama yang disodorkan Airlangga Hartarto kepada Presiden Jokowi itu. Namun, menurut dia, tiga nama tersebut tak jauh berbeda dari yang sudah beredar di publik. Tiga nama yang sudah muncul ke publik itu, Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin. 

 

Sekarang, terserah Presiden Jokowi memilih siapa yang paling cocok, dari tiga nama yang diajukan Partai Golkar. Diyakini Presiden Jokowi pasti memiliki kriteria tersendiri untuk menempatkan orang di posisi Menpora, pengganti politikus Golkar yang telah mundur, Zainudin Amali, untuk fokus pada PSSI.

 

Kriteria yang paling umum untuk mengisi kursi Menpora itu, jelaslah harus memiliki kemampuan mengurus bidang pemuda dan olahraga. Itu berarti, sosok Menpora baru harus memiliki akses ke dua bidang tersebut. Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

 

Seperti diketahui, Zainudin Amali meletakkan jabatan Menpora. Ia resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (13/3/2023) pagi, yang menyetujui pengunduran dirinya. Politikus Partai Golkar itu, akan fokus sebagai wakil ketua umum PSSI, mendampingi ketua umum Erick Thohir, dan siap all out mengurus sepakbola. ***