EmitenNews.com - PT Graha Layar Prima (BLTZ) kembali mengoperasikan bioskop CGV di Kota Padang, dan Balikpapan. Pembukaan itu meliputi CGV Raya Padang, dan CGV Plaza Balikpapan. Itu efektif berlaku sejak Jumat, 22 Oktober 2021 lalu.


Pembukaan kedua bioskop itu, menyusul instruksi Mendagri Nomor 52 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan level 1. Kemudian, optimalisasi posko penanganan virus corona tingkat desa, dan kelurahan di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, pada Senin, 18 Oktober 2021.


Perseroan telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan (Prokes) sesuai panduan pemerintah, dan pemerintah daerah (Pemda) setempat. Di antaranya wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining atau penerapan prokes terhadap seluruh pengunjung dan pegawai. Selanjutnya, status PPKM Level 3, kapasitas maksimal 50 persen, dan hanya pengunjung berkategori hijau dalam Peduli Lindungi boleh masuk.


Status PPKM level 2, dan level 1, kapasitas maksimal 70 persen hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam Peduli Lindungi boleh masuk, penonton maupun pengunjung minimal berusia 12 tahun, dan wajib sudah melakukan vaksin dosis kedua, staff, dan penonton wajib menggunakan masker double sesuai ketentuan pada seluruh area bioskop, cek suhu tubuh penonton sebelum masuk ke area.


Kemudian, pembersihan auditorium, termasuk tempat duduk, sebelum, dan setelah penayangan film, menyediakan gel pembersih tangan/hand-sanitizer, transaksi pembayaran untuk pembelian tiket menonton dan makan-minum dilakukan secara digital (cashless) melalui web dan aplikasi digital CGV atau mesin-mesin penjualan tiket/makan-minum yang ada di bioskop, penempatan materi komunikasi kepada pengunjung di seluruh area CGV dan secara daring/online untuk meningkatkan pengetahuan tentang protokol kesehatan di bioskop.


Perseroan berharap pembukaan kembali bioskop bisa menggairahkan kembali aktivitas rumah produksi (production house) dalam memproduksi dan merilis film-film nasional dan membantu memulihkan ekonomi di sektor industri kreatif lainnya, membuka kembali peluang lapangan kerja di sekitar bioskop CGV beroperasi.


”Masyarakat bisa kembali menonton bioskop dengan aman, dan nyaman dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Per 22 Oktober 2021, kami telah membuka kembali 58 bioskop, dan 1 bioskop baru,” tutur Yeo Deoksu, Direktur Graha Layar, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (22/10). (*)