EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) optimistis memenangkan persaingan ketat digital banking industri perbankan nasional. Berbekal proses transformasi digital matang, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank Asia Tenggara.


Salah satu kekuatan BTN akan mengguncang pasar adalah SuperApp BTN Mobile akan rilis awal 2023. Kemunculan SuperApp BTN Mobile nanti akan membuat BTN memiliki pelayanan lebih baik. ”Kuncinya kalau masuk digitalisasi tidak cukup sisi atau faktor solusi teknologi, tapi harus memiliki kekuatan ekosistem,” tutur Andi Nirwoto, Direktur IT & Digital Bank BTN.


Saat ini, pada dasarnya BTN sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) sebagai kekuatan BTN. Dengan begitu, konsep solusi digital melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi, dan kekuatan ekosistem. ”Itu akan didorong menjadi pembeda kami," imbuh Andi.


Tidak disangkal, persaingan mobile banking industri perbankan nasional, cukup ketat. Bahkan fungsi-fungsi dasar macam payment seperti pembayaran listrik, telepon, air, dan juga pembelian, seperti top up emoney, listrik pra bayar, dan lain-lain juga bisa dilayani Fintech atau ecommerce. ”BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem,” ucapnya.


Andi menjelaskan, Bank BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp karena tidak hanya menawarkan fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tapi juga memiliki fitur finansial berhubungan dengan life circle ekosistem sektor perumahan. ”Melayani nasabah mulai kepemilikan rumah, sampai tinggal di dalamnya. Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini akan menjadi pembeda dengan bank lain," jelasnya.


Dengan platform benar-benar baru, dan dikelola SDM-SDM andal, Andi yakin BTN Mobile akan banyak dibutuhkan para nasabah. ”Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan nasabah mendapatkan solusi digital soal kebutuhan ekosistem perumahan,” tegas Andi.


Bank BTN menyasar sekitar 5-7 juta nasabah untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nanti. Saat ini, potensi ada sekitar 5-7 juta nasabah BTN terkait dengan kebutuhan KPR. Dengan memaksimalkan BTN Mobile bisa mendongkrak optimalisasi transaksi di samping mengakuisisi nasabah baru seiring inovasi produk mortgage,” harap Andi. (*)