EmitenNews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) yang diggelar hari ini Jumat (15/3) telah menyetujui untuk membagikan dividen kepada pemegang saham dengan total sebesar Rp39,62 miliar.

Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam, menjelaskan RUPST menyepakati rencana Perseroan untuk membagikan dividen sebesar 20 persen dari laba bersih di sepanjang 2023 yang sebesar Rp198,17 miliar.

 

Pemegang saham telah menyetujui dividend payout ratio sebesar 20 persen, sehingga total dividen yang akan dibayarkan HATM mencapai Rp39,62 miliar.

Nilai dividen per saham yakni Rp5,66 per saham. Pada tahun lalu HATM juga membayarkan dividen kepada para pemegang saham senilai Rp4,07 per lembar, yang dananya bersumber dari laba bersih Tahun Buku 2022, "  kata Andrew saat paparan publik usai RUPST Jumat (15/3). 

 

ADapun jadwal pembagian dividen sebagai berikut:

- Cum dividen tunai di pasar reguler dan negosiasi pada 25 Maret 2024.

- Ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 26 Maret 2024. 

- Cum dividen di pasar tunai pada 27 Maret 2024. 

- Ex dividen di pasar pada 28 Maret 2024. 

- Pembayaran dividen pada 3 April 2024.

 

Andrew melanjutkan, sisa laba bersih Tahun Buku 2023 atau sebesar 80 persen akan dicatatkan sebagai laba yang ditahan (retained earnings) oleh perseroan. RUPST memberikan kuasa kepada Direksi HATM untuk melaksanakan segala sesuatunya sehubungan dengan pembagian dividen tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RUPST hari ini juga menyetujui dan mengesahkan pengunduran diri Dillon Cosmas dari jabatannya selaku Direktur HATM dan menyetujui pengangkatan Derrick Cosmas sebagai Direktur Perseroan yang baru, untuk sisa masa jabatan Dillon Cosmas.

 

Dengan demikian, saat ini susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris HATM adalah sebagai berikut: