EmitenNews.com -BUMN perbankan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyatakan telah melepas seluruh kepemilikan saham miliknya di PT AXA Insurance Indonesia (AII), yang sebelumnya bernama Mandiri AXA General Insurance.

 

"Pada tanggal 4 Oktober 2023, perseroan telah mengalihkan seluruh saham miliknya pada PT AXA Insurance Indonesia sejumlah 138 ribu saham," kata Senior Vice President BMRI Rudi As Aturridha dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (4/10/2023).

 

Sebanyak 138 ribu saham tersebut mewakili 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor pada AII, di mana sebesar 69 ribu saham atau 10 persen dialihkan kepada Anil Panjwani. Sementara sisanya 69 ribu saham kepada Manoj Ramkrash Tolani.

 

"Tidak terdapat hubungan afiliasi di antara perseroan dengan Bapak Anil Panjwani da Bapak Manoj Ramkrashin Tolani sebagai para pembeli," ujarnya.

 

Setelah pengalihan saham tersebut, BMRI tidak lagi memiliki saham di AII. Adapun transaksi pengalihan saham ini tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha perseroan.

 

Dia menjelaskan, nilai penjualan saham tidak mencapai 20 persen dari total nilai ekuitas perseroan, sehingga transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material. Transaksi ini juga bukan merupakan transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan.

 

Transaksi pengalihan saham tersebut, kata dia, merupakan bagian dari strategi perseroan dalam memperkuat konsolidasi perusahaan anak di Bank Mandiri Group untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal, setelah sebelumnya BMRI melepas 40 persen kepemilikan sahamnya di Mandiri AXA General Insurance pada November 2018.

 

"Transaksi ini juga tidak akan mengakhiri kerjasama bancassurance oleh perseroan dengan AII dan juga tidak memiliki dampak terhadap seluruh kerja sama di antara perseroan dengan AXA Group melalui PT AXA Mandiri Financial Service yang bergerak pada bidang asuransi jiwa," tuturnya.