EmitenNews.com -PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) mencatat berhasil meningkatkan laba tahun berjalan yang dapat dibagikan ke pemilik entitas induk sebesar 33,23 persen (yoy) menjadi USD10,04 juta per 30 Juni 2023.

 

Angka tersebut naik dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu sebesar USD7,54 juta.

 

Direktur Utama HITS Tonny Aulia Achmad mengatakan penguatan kinerja top line maupun bottom line yang ditorehkan perseroan tak lepas dengan dukungan berbagai pihak, termasuk kepercayaan konsumen dalam menggunakan jasa Grup Humpuss.

 

"Dengan membaiknya kondisi perekonomian serta industri saat ini, kami yakin dapat terus mempertahankan kinerja keuangan yang terus bertumbuh ke depannya," kata Tonny melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

 

Penguatan laba bersih emiten jasa kemaritiman terintegrasi tersebut sejalan dengan meningkatnya pendapatan usaha menjadi 55,36 juta dolar AS pada paruh pertama tahun ini dari sebelumnya 54,08 juta dolar AS pada periode yang berakhir 30 Juni 2022.

 

Adapun, pendapatan pada jasa sewa kapal pengangkut bahan kimia menyumbang pendapatan tertinggi sebesar 15,03 juta dolar AS selama semester-I 2023, disusul oleh jasa sewa kapal pengangkut gas alam cair (LNG) sebanyak 13,44 juta dolar AS.

 

Sedangkan sisanya dikontribusi dari segmen jasa sewa kapal minyak mentah dan BBM segmen penunjang kegiatan lepas pantai, jasa pengerukan dan reklamasi serta penunjang armada laut.

 

Selanjutnya, HITS juga mencatat peningkatan jumlah ekuitas secara tahunan dari 79,78 juta dolar AS menjadi 87,25 juta dolar AS pada semester I-2023.

 

Pada periode yang sama, total liabilitas menurun 142,52 juta dolar A dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu senilai 150,14 juta dolar AS. Kondisi itu, terutama ditopang oleh pembayaran liabilitas jangka pendek.