EmitenNews.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, Jurnalis 4X4, komunitas penggemar offroad yang beranggotakan para jurnalis menggelar Jambore 4X4 Camp pada Sabtu-Minggu (11-12 November 2023) di Puncak Halimun Camp, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

 

Dalam  event ini dilaksanakan berbagai kegiatan, antara lain kemping keluarga, fun game, lomba ketangkasan mengendarai mobil offroad, penanaman pohon, serta bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu dan anak yatim.

 

Jambore 4X4 Camp ini juga diikuti oleh beberapa komunitas otomotif lainnya, seperti Suzuki Jip Indonesia (SJI), Campervan Jakarta Raya, Jurnalis Solidarity Sukabumi (JSS), Kijang Petarung, D-Cab.id, CJ-id, dan Jurnalis MTB.

 

Ketua Jurnalis 4X4 Joko Supriyana SU mengungkapkan, kegiatan Jambore 4X4 Camp ini selain untuk merayakan 15 tahun berdirinya komunitas Jurnalis 4X4, juga menjadi ajang silaturahmi dengan komunitas otomotif lain yang berada di Jabodetabek dan sekitaranya. Terkait dengan bakti sosial yang dilaksanakan pada event ini, jurnalis senior yang sering dipanggil Joko Joss ini berharap bantuan sembako yang diberikan kepada warga kurang mampu dan anak yatim dapat bermanfaat dan menjadi penyambung silaturahmi antara para jurnalis dengan warga di sekitar lokasi kegiatan.

 

Joko juga menyampaikan terimakasih kepada para sponsor yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, antara lain Bank Mandiri, PT Telkom Indonesia, Garudafood, Sinarmas, dan Point Plus.

 

Ustaz Toni Supriatna, Pengasuh Pondok Pesantren Dharojatul Kholbu, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menyampaikan terimakasih atas bantuan sembako bagi santri-santinya yang kebanyakan anak yatim, juga ibu-ibu kurang mampu yang berada di sekitar ponpes.

 

Sigit, salah satu peserta Jambore 4X4 Camp dari komunitas Campervan Jakarta Raya mengungkapkan kegembiraannya dapat bergabung di event ini. “Terimakasih sekali, kami telah diundang di acara seru ini. Saya mewakili keluarga besar Campervan Jakarta Raya berharap agar ke depan dapat berkolaborasi dalam kegiatan serupa yang lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat banyak”, tegasnya.

 

Jurnalis 4X4 sendiri berdiri pada bulan September 2008 yang beranggotakan para jurnalis dari berbagai media massa, baik TV, radio, media cetak maupun media online dari seluruh Indonesia. Selain menjadi wadah silaturahmi para jurnalis penggemar offroad, Jurnalis 4X4 juga sering terlibat langsung dalam proses penanganan bencana alam di beberapa wilayah, seperti evakuasi korban banjir di Jakarta, evakuasi dan penyaluran bantuan bagi korban tanah longsor di Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, tanah longsor di Lebak, Banten, serta beberapa wilayah lain.