EmitenNews.com - Sejak 4 dekade lalu, Astra telah berkomitmen mendukung pengembangan masyarakat serta lingkungan melalui kontribusi sosial baik secara langsung maupun melalui 9 yayasan di bawahnya. Termasuk Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang diinisiasi Pendiri Astra, William Soeryadjaya (Om William), tepatnya 2 Mei 1980 dengan fokus pada pembinaan UMKM di Tanah Air.


Perjalanan 42 tahun, tentu bukan hal mudah bagi Astra melalui YDBA dalam membina UMKM. Ada suka dan duka untuk menjalankan peran dalam memandirikan UMKM. Namun, sesuai filosofi yang ada pada logo YDBA, yaitu jantung atau infinity, YDBA selalu menjalankan perannya mendampingi UMKM sesuai denyut nadi perekonomian secara konsisten dan berkelanjutan di berbagai provinsi di Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.


Sebagai ungkapan rasa syukur, Selasa (17/5/2022), YDBA menyelenggarakan Syukuran HUT ke-42 di Galeri UKM YDBA, Jakarta. Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kolaborasi YDBA dengan Politeknik Astra dalam pembinaan UMKM Manufaktur yang diharapkan dapat mendukung UMKM agar tumbuh dan mandiri. Kolaborasi ini sejalan dengan tema HUT ke-42 tahun YDBA: “Semangat Kolaborasi, Tumbuh Bersama UMKM”.


Syukuran HUT YDBA dihadiri oleh Direktur Astra yang juga Ketua Pembina YDBA Gita Tiffany Boer; Ketua Pengawas YDBA Lina Djafar; Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala dan anggota pengurus lainnya; Advisor YDBA Tonny Sumartono; Wakil Direktur I Politeknik Astra Tonny Pongoh dan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Herawati Prasetyo.


“Astra melalui YDBA terus berupaya menjalankan perannya sejalan dengan cita-cita Astra “Sejahtera Bersama Bangsa” dan butir pertama Catur Dharma Astra, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Astra mendirikan YDBA dengan harapan, dapat menjadi pohon yang rindang bagi UMKM yang berteduh di bawahnya”, ujar Gita Tiffany Boer dalam sambutannya.


Gita Tiffany Boer juga menyampaikan, hingga saat ini Astra yang genap berusia 65 tahun, telah berkontribusi untuk masyarakat dan bangsa. Filosofi Catur Dharma Astra selalu berfokus pada penguatan kontribusi Astra kepada masyarakat dan bangsa. YDBA menjadi bagian dari kontribusi sosial berkelanjutan Astra, khususnya Astra untuk Indonesia Kreatif yang diharapkan dapat terus mendukung UMKM Indonesia dalam mengembangkan usahanya. (Eko Hilman). ***