EmitenNews.com - Stochastic RSI dan MACD berpeluang membentuk golden cross sebagai validasi bullish signal, jika IHSG kembali ke atas 6700 pada perdagangan hari ini, Senin (17/1).


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini berpotensi uji resistance 6720 hingga 6750.


"Pelaku pasar dapat mencermati potensi berlanjutnya aksi beli selektif investor asing pada saham-saham big cap seperti ARTO, BBCA, UNTR dan PTBA yang berpotensi kembali menjadi mover IHSG di awal pekan," katanya.


Pelaku pasar juga bisa perhatikan potensi rebound pada UNVR dan ADRO.


Hal di atas mengindikasikan adanya rotasi pelaku pasar, terutama investor asing dari saham-saham high-growth ke saham-saham bluechip dengan fundamental solid. Atau saham yang berpotensi mencatatkan peningkatan signifikan kinerja keuangan di FY2021.


Hal ini sejalan dengan peningkatan uncertainty risk dari proyeksi peningkatan kasus harian Covid-19 di Indonesia pada pertengahan Februari 2021, serta the Fed yang lebih agresif dalam melakukan normalisasi kebijakan moneter di tahun 2022.


Dari dalam negeri, BPS dijadwalkan merilis data ekspor dan Impor Desember 2021. Surplus Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) diperkirakan berlanjut di Desember 2021 yang berpotensi menjadi sentimen positif untuk saham bank dan energi.
(fj)