EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan menguat pada perdagangan hari ini, Selasa, 5 April 2022. Itu menilik harga komoditas kembali bergerak naik. 


”IHSG akan bergerak pada rentang support 7.070, dan resisten 7.140,” tutur Alwin Rusli, Research Analyst Reliance Sekuritas Indonesia.


IHSG akhirnya berhasil bergerak melebihi resistance psikologis di level 7.100. Peluang untuk naik lebih tinggi makin terbuka lebar. Sejumlah saham berpotensi naik pada perdagangan hari ini antara lain SILO, ASII, MDKA, INCO, ANTM, MMLP, INDO, MNCN, ARNA, TPIA, INDY, dan HRUM.


Pada perdagangan Senin (4/4), IHSG menguat 0,53 persen menjadi 7.116,21. Sektor pendorong lompatan IHSG yaitu material dasar surplus 2,11 persen, transportasi naik 2,05 persen, dan kesehatan melesat 1,76 persen. Investor asing tercatat membukukan net buy Rp394 miliar, dengan saham-saham paling banyak dibeli HRUM, ADMR, dan EMTK.


Sementara itu, bursa saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan penguatan. Para investor melihat aksi berbagai negara memberi sanksi kepada Rusia atas operasi militer di Ukraina akan mengompensasi inflasi belakangan ini. 


Pagi ini, bursa Asia sudah mengorbit zona merah. Indeks Nikkei minus 0,2 persen, dan Kospi melemah 0,1 persen. Pelemahan terjadi di tengah rilis data penguatan inflasi Korea Selatan, sementara tingkat PMI Jepang (Jibun Bank) meningkat menjadi 50,3 dari 45,8. (*)