EmitenNews.com-IHSG membentuk pola menyerupai inverted hammer berdasarkan pergerakan Selasa (6/9). Pola tersebut mengindikasikan potensi koreksi hingga minor reversal. Oleh sebab itu, secara teknikal, waspadai potensi koreksi ke level psikologis 7200, jika tidak mampu bertahan di atas 7230 di Rabu (7/9).


Valdy Kurniawan Analis Phintraco Sekuritas mengatakan saham-saham komoditas, terutama coal producers kembali menjadi mover utama IHSG di Selasa (6/9). Penguatan tersebut dipicu oleh ekspektasi berlanjutnya kenaikan harga kontrak batubara seiring ekspektasi peningkatan demand. 


Faktor yang berpotensi meningkatkan demand coal, diantaranya adalah musim dingin di belahan bumi utara, pembatasan impor minyak dari Rusia, penghentian sementara penyaluran gas melalui Nord Stream 1 pipeline hingga heatwave di Tiongkok.


Meski demikian, sebagian besar saham coal producers telah memasuki overbought area. Beberapa yang belum terindikasi overbought diantaranya PTBA, RMKE dan ADMR. Saham lain di sektor energi yang dapat diperhatikan adalah AKRA, MEDC dan PGAS.


Masih terkait dengan sentimen diatas, saham-saham basic material juga menunjukan potensi rebound, seperti pada BRMS, ANTM, INCO dan MDKA.