EmitenNews.com - Indeks saham Asia pada perdagangan Kamis (30/12) pagi ini dibuka variatif (mixed) mengikuti pergerakan indeks saham utama Wall Street.


Dalam perdagangan di Wall Street semalam indeks DJIA dan S&P 500 berakhir pada level penutupan tertinggi. Imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah AS (US Treasury Note) lompat 7.2 bps menjadi 1.55%.


Dari perdagangan di bursa Asia maupun Wall Street tersebut analis Phillip Sekuritas, Dustin Dana Pramitha, melihat investor tampaknya mengabaikan kekhawatiran mengenai penyebaran varian Omicron virus Covid-19.


"Berbagai penelitian awal menunjukkan risiko masuk rumah sakit yang rendah bagi pengidap kasus Omicron, sehingga mengurangi kekhawatiran atas gangguan perjalanan (travel disruption)," katanya.


Selain itu, semakin kuat bukti yang memperlihatkan bahwa varian Omicron meskipun lebih cepat menular namun hanya menyebabkan gejala ringan.


Dari sisi makroekonomi, investor mulai melihat sinyal bahwa pasar perumahan AS akhirnya mulai mendingin. Rilis data Pending Home Sales yang memperlihatkan bahwa jumlah kontrak penjualan rumah lama atau yang sudah pernah dimiliki sebelumnya di AS turun 2.2% M/M (-2.7% Y/Y) di bulan November.


Hal ini lebih buruk dari ekspektasi pasar bahwa penjualan akan naik 0.5% dan berbalik arah dari lonjakan penjualan 7.5% M/M (-1.4% Y/Y) di bulan Oktober. Harga rumah yang mahal dan persediaan unit rumah yang terbatas telah menghambat aktifitas penjualan rumah lama.


Di pasar komoditas, harga minyak mentah dunia naik setelah data memperlihatkan persediaan minyak mentah dan BBM di AS minggu lalu turun lebih besar dari estimasi. Persediaan minyam mentah turun 3.6 juta barel menjadi 420 juta barel, lebih besar dari estimasi penurunan 3.1 juta barel.


Untuk perdagangan di BEI hari ini Phillip Sekuritas memprediksi IHSG bergerak bullish dengan support-resistance di rentang 6.590-6.620. Adapun saham yang direkomendasikan teknikalnya sebagai berikut.


MLPL
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Sideways
Trade Buy : 362
Target Price 1 : 394
Target Price 2 : 402
Stop Loss : 350


EXCL
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 3,100
Target Price 1 : 3,190
Target Price 2 : 3,240
Stop Loss : 3,060


SHIP
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 1,025
Target Price 1 : 1,080
Target Price 2 : 1,100
Stop Loss : 995.(fj)