EmitenNews.com - PT Indo Boga Sukses Tbk, perusahaan bergerak di usaha restoran dan aktivitas perusahaan holding akan menawarkan saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO). Calon emiten itu akan menggunakan ticker atau kode saham IBOS.

 

Mengutip laman e-ipo.co.id, Jumat (1/4/2022), PT Indo Boga Sukses Tbk akan menawarkan saham perdana sebanyak-banyaknya 1.607.360.000 saham dengan nilai nominal Rp 25 per saham. Jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. Perseroan menawarkan harga IPO Rp 65-Rp 100 per saham.

 

Dengan demikian, perseroan akan peroleh dana IPO maksimal sebanyak-banyaknya Rp 160,73 miliar. Perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 803.680.000 waran seri I yang menyertai saham baru perseroan. Jumlah waran itu sebanyak-banyaknya 12,50 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam IPO.

 

Waran seri I diberikan cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

 

Setiap pemegang dua saham baru perseroan berhak memperoleh satu waran seri I dengan setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru. Waran seri I yang diterbitkan memiliki jangka waktu pelaksanaan dua tahun.

 

Dana hasil IPO antara lain sekitar 27,01 persen untuk belanja modal untuk renovasi dan tambahan executive lounge di D’Monaco Restaurant. Kemudian untuk modal kerja.

 

Selanjutnya sekitar 37,66 persen untuk setoran modal kepada Indo Nations Harvest,  sekitar 19,21 persen untuk setoran modal kepada PT Sofia Berkah. Sedangkan dana hasil waran untuk modal kerja perseroan.

 

Dalam rangka IPO, perseroan telah menunjuk penjamin pelaksana emisi efek yaitu PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas.

 

Pemegang saham setelah IPO dan waran antara lain PT Goldman Investindo Sedaya sebesar 51,03 persen, PT Nuansa Kencono Abadi sebesar 9,71 persen, PT Alqhaisar Sukses Abadi sebesar 5,37 persen.