EmitenNews.com - Sistem pertahanan udara Indonesia diperkuat 24 unit pesawat tempur F-15EX. Pemerintah Indonesia dan The Boeing Company meneken nota kesepahaman (MoU) pembelian 24 unit pesawat tempur generasi 4.5 F-15EX itu, saat perwakilan dari dua pihak bertemu di Kantor The Boeing Company di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.

 

Dokumen MoU itu diteken oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari dan Wakil Presiden Direktur dan Manajer Program Boeing Fighters Mark Sears.

 

Dalam siaran resmi perusahaan, Mark Sears menyampaikan bahwa Boeing yang merupakan mitra Pemerintah AS siap membantu negara-negara di dunia. Termasuk Indonesia, untuk menjaga keamanan dan memelihara perdamaian, salah satunya melalui produksi pesawat tempur berteknologi tinggi.

 

Dalam akun Instagram resminya @prabowo, Selasa (22/8/2023), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang menyaksikan acara penandatanganan itu, mengumumkan kerja sama tersebut.

 

"Dengan senang hati, kami mengumumkan kesepakatan pengadaan pesawat tempur F-15EX yang penting bagi Indonesia," kata Prabowo Subianto usai acara penandatanganan MoU tersebut.

 

Menhan Prabowo Subianto sempat berkeliling ke hanggar Boeing untuk melihat produksi F-15. Dia juga menyempatkan menaiki pesawat tempur itu dan berfoto. ***