EmitenNews.com - Pemerintah Indonesia dan Inggris Raya bekerja sama dalam program Partnering for Accelerated Climate Transition (UK-PACT) atau disebut Mentari Energy Efficiency untuk pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui efisiensi energi di sektor bangunan dan gedung.


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menekankan pentingnya efisiensi energi, terutama mengingat baru-baru ini terjadi krisis energi di tingkat nasional hingga global.


"Semakin kita efisien menggunakan energi, paling tidak kita sudah mengurangi beban diri kita sendiri. Ini yang harus dipahami dan menjadi satu komitmen kita bersama," kata dia saat acara peluncuran UK-PACT di Jakarta, Senin.


Menimbang hal tersebut, Arifin mengatakan setiap orang diminta memahami persoalan emisi gas rumah kaca sebagai tanggung jawab yang perlu diselesaikan bersama-sama oleh seluruh pihak, bukan hanya tanggungan orang lain atau pemerintah saja.


Menurut dia, emisi yang dikeluarkan di pusat-pusat pembakaran energi memberikan dampak sangat besar terhadap lingkungan maupun kesehatan.


Berdasarkan target pemerintah, pengurangan emisi yang diharapkan tercapai pada tahun 2030 sebesar 314 juta ton mengingat energi fosil seperti batu bara dan minyak masih dominan digunakan.


Di sektor kelistrikan, diperkirakan beban emisi CO2 mencapai 290 juta ton di tahun 2030 dengan kontribusi gedung dan bangunan sebesar 20 juta ton CO2.


Menurut Arifin, gedung yang digunakan sebagai kantor Kementerian ESDM sudah dilengkapi dengan sejumlah teknologi guna mereduksi emisi CO2, antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, Solar Photovoltaics (PV), dan sistem pengendali pemakaian listrik di sejumlah ruangan.


"Kita merasakan nikmatnya keberadaan kita di kantor (atau) di rumah dengan fasilitas Air Conditioner (AC), memasak, dan lain sebagainya. Ini harusnya menjadi concern kita," ucapnya.(fj)