EmitenNews.com -Inflasi dan suku bunga tetap menjadi item pengawasan paling signifikan untuk kredit global, kata Fitch Ratings dalam laporan Kantor Pusat Risiko terbaru. Inflasi inti tetap kaku dan jauh di atas target bank sentral meskipun disinflasi utama meningkat pesat di AS dan zona euro pada 2Q23.


Gambaran makro yang mendasari kredit global telah membaik sejak awal tahun, meskipun kondisi pinjaman yang lebih ketat dan kebijakan bank sentral yang hawkish menggarisbawahi prospek perlambatan siklus. Menurut perkiraan kasus dasar Fitch, ini akan mencakup resesi dangkal di AS, pertumbuhan terbatas di zona euro, dan membangun risiko terhadap pemulihan China.


Dengan demikian, Risiko Utama kami untuk kredit global – yang dapat berdampak paling besar pada portofolio peringkat kami selama dua tahun mendatang – sebagian besar tetap tidak berubah. Risiko ini termasuk skenario negatif untuk pendanaan, valuasi aset, dan stabilitas keuangan; inflasi dan suku bunga; dan geopolitik, tata kelola dan kebijakan.


Termasuk dalam risiko ini adalah fokus pada real estat komersial (CRE) dan meningkatnya tantangan terhadap pemulihan China pasca-Covid. Untuk yang terakhir, data properti 2Q23 menunjukkan kontraksi yang nyata dalam penjualan dan berlanjutnya tekanan yang dihadapi pengembang menyoroti risiko akselerasi ulang yang stabil dalam pertumbuhan China. CRE AS terus menunjukkan tanda-tanda tekanan dengan beberapa REIT hipotek besar AS mengurangi pinjaman baru dan hasil yang lebih lemah dari bank besar dan regional AS di 2Q23.


Risiko utama jangka panjang dan yang muncul juga tidak berubah, berfokus pada perubahan iklim, tantangan demografis, konflik dunia maya, dan peluncuran AI yang cepat sebagai pengganggu teknologi.