EmitenNews.com - Kunjungan Gibran Rakabuming Raka  ke Uni Emirat Arab (UEA) sejak Minggu (25/12/2022) membuahkan hasil menggembirakan. Melalui pesan WhatsApp, Wali Kota Solo itu, menyampaikan sejumlah perkembangan sebagai hasil kunjungannya. Putra Presiden Joko Widodo itu, mengabarkan mendapatkan hibah untuk melanjutkan sejumlah proyek di kota yang dipimpinnya, Solo. Seluruh bantuan itu dari kebaikan Presiden UEA Sheikh Mohammed bi Zayed Al-Nahyan.


Di UEA, Gibran diterima anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan Ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Kamis (29/12/2022). Malah, pertemuan putra pertama Presiden Joko Widodo itu, dengan pihak-pihak berwewenang di UEA tersebut juga diunggah di akun Instagram resmi Emirates News Agency (WAM) @wamnewsen.


Asal tahu saja, selain terkesan, dan memuji kunjungan Gibran itu, Khalid juga membahas pentingnya kolaborasi berkelanjutan untuk lebih memperkuat hubungan antara kedua negara yang bersahabat dan rakyatnya.


Yang menggembirakan, Gibran mengabarkan telah mendapatkan hibah untuk melanjutkan sejumlah proyek di Solo. Hibah tersebut dialokasikan untuk sejumlah proyek. Di antaranya pembangunan Pasar Tunggulsari beserta pasar daruratnya, bantuan sosial, peningkatan kualitas jalan dan lingkungannýa, RTLH, serta penataan kawasan Baluwarti.


Lainnya, ada bantuan untuk melanjutkan pembangunan Gor Manahan, bantuan nutrisi stunting, fasilitas IT untuk Dinas Pendidikan, penataan kawasan Ngemplak hingga Tirtonadi.


Ternyata itu belum semuanya. Dalam kunjungannya ke MBZ University, Gibran membawa bantuan dari MBZ University untuk manage masjid dan islamic centre. Menurut suami Selvi Ananda itu, universitas tersebut memiliki jurusan bachelor of tolerance and coexistance, yang menurutnya, sangat cocok diterapkan di Kota Solo. Menurut ayah dua anak ini, di UAE ada ministry of tolerance.


Sebelumnya Gibran menyampaikan, sejumlah bantuan tersebut merupakan hasil pembicaraan dengan Presiden UEA Sheikh Mohammed bi Zayed Al-Nahyan saat kunjungan ke kediaman pribadi Presiden Jokowi, usai peresmian masjid Gilingan. Perbincangan selama 15 menit dilakukan saat Gibran mengantar MBZ ke Bandara Adi Soemarmo.


Gibran menegaskan, sejumlah bantuan tersebut merupakan bentuk persahabatan kedua negara. Terutama antara Presiden UEA dengan Presiden Jokowi dan keluarga. Selain itu juga merupakan kebaikan hati Presiden UEA. "Ini murni kebaikan dari beliau. Buktinya beliau membangunkan masjid, membangun Islamic Center di Solo." ***