EmitenNews.com -Harga saham PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) melesat sebanyak 175,50% dari Rp 196 menjadi Rp 540 sepanjang Mei 2023 berjalan. 

 

Bahkan pada perdagangan pagi ini, Selasa 16 Mei 2023, saham HITS masih terus menguat hingga menyentuh level tertinggi di angka 640 pada sesi pembukaan tadi.

 

penguatan saham HITS hingga pukul 09:30 WIB ada di 16,67 persen atau 95 poin ke angka 630 dari harga penutupan kemarin di level 540.


Terkait lonjakan harga saham tersebut, manajemen Humpuss melalui keterangan resminya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (15/5/2023), menyebutkan bahwa perseroan sudah menyampaikan seluruh informasi terkait keterbukaan informasi. Di antaranya realisasi pengembangan usaha dengan menambah kapal sesuai dengan capex yang telah ditetapkan tahun 2023.

 

Respon manajemen HITS ini terkait dengan notifikasi UMA yang diberikan oleh regulator kepada saham perseroan. Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini tengah mencermati pola transaksi saham  PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS). Pasalnya terjadi peningkatan harga saham HITS yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity).

 

"Sehubungan dengan terjadinya UMA atas perdagangan saham HITS, BEI meminta para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa."tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi, Lidia M. Panjaitan, dalam pengumuman bursa pada Senin (15/5).

 

Terkait rencana pemegang saham utama perseroan, manajemen Humpuss menyebutkan, belum ada keinginan pemegang saham utama untuk menggelar aksi korporasi dalam waktu dekat.

 

Berdasarkan data, PT Humpuss bertindak sebagai pemegang sebanyak 45,52% saham HITS. Disusul PT Menara Cakra Buana sebanyak 32,84% dan H Hutomo Mandala Putra mencapai 10,4%. Sedangkan sisanya sebanyak 9,71% dipegang investor publik dan saham treasury mencapai 1,53%.

 

Humpuss sebelumnya mengumumkan bahwa perseroan telah menyewa satu unit kapal oil dan chemical tanker dari PT Pelayaran Korindo. Perjanjian sewa kapal tersebut telah ditandatangani pada 6 Maret 2023 dengan jangka waktu lima tahun. Penyewaan berlaku efektif sejak 7 Mei 2023.