EmitenNews.com - Langkah Universitas Papua menginisiasi pembentukan Sustainable Development Goals (SDGs) Center atau pusat tujuan pembangunan berkelanjutan mendapat apresiasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

 

"Pekan lalu, kami menerima tim dari Unipa yang datang berkonsultasi soal pembentukan SDGs Center," kata Asisten Manajer Pilar Pembangunan Lingkungan Sekretariat Nasional SDGs Bappenas Alimatul Rahim di Manokwari, Senin (9/10/2023).

 

Keberadaan SDGs Center Unipa memperkuat rencana kerja pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten di Papua Barat, untuk menetapkan target pencapaian SDGs tahun 2023-2026.

 

SDGs Center merupakan wujud nyata komitmen dari perguruan tinggi untuk mendukung pemerintah daerah merealisasikan 17 poin SDGs. Antara lain, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender. Lainnya, air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan.

 

Lainnya, kota dan permukiman berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, ekosistem daratan, perdamaian keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

 

"SDGs Center jadi pusat pengetahuan pembangunan berkelanjutan, jadi pemerintah daerah bisa berkonsultasi dengan akademisi," ujar Alimatul Rahim. ***