EmitenNews.com - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP), atau Bank KB Bukopin kembali memperkuat modal dua anak usahanya, yaitu PT KB Bukopin Finance dengan dana senilai Rp342,9 miliar dan PT Bank KB Bukopin Syariah senilai Rp80 miliar. Dengan begitu total injeksi dana ke anak usaha mencapai Rp422,9 miliar yang diperuntukkan penguatan modal tahap kedua bagi perusahaan pembiayaan tersebut.


Penambahan modal yang dilakukan BBKP ke KB Bukopin Finance (KB Bufin) merupakan uang muka pembelian saham di masa yang akan datang untuk tahap kedua. Sebelumnya, Bank KB Bukopin telah menempatkan dana sebesar Rp250 miliar untuk tahap pertama. Lantas, total nilai penempatan dana dari bank terhadap KB Bufin sebesar Rp592,9 miliar.


Manajemen BBKP menjelaskan aksi tersebut dilakukan sebagai upaya penguatan permodalan melalui penempatan dana pada escrow account sebagai uang muka untuk pembelian saham di masa yang akan datang. Ini juga komitmen Perseroan sebagai pemegang saham pengendali (PSP) untuk memastikan aktivitas anak usaha baik KB Bufin dan KBBS berjalan dengan baik.


"Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan dengan ini menyatakan bahwa transaksi afiliasi telah melalui prosedur yang berlaku dan tidak mengandung benturan kepentingan serta semua informasi material terkait dengan transaksi afiliasi telah diungkapkan," jelas manajemen dalam keterbukaan informasi, Rabu (5/7/2023).


Sebagai informasi tambahan, Bank KB Bukopin merupakan induk perusahaan, pemegang saham mayoritas, serta pemegang saham pengendali dari KB Bufin. BBKP tercatat menggenggam sebanyak 39.653 saham atau sebesar 97,03 persen dari seluruh saham KB Bufin.


Sementara itu, hubungan afiliasi antara BBKP dengan KBBS yakni selaku pemegang saham pengendali dengan total portofolio sebanyak 16,42 miliar lembar Saham, yang mewakili 92,78 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh KBBS. ***