Pemulihan Bisnis pada sektor Keramik membantu menopang sektor Perhotelan yang masih mengalami pembatasan aktivitas dalam tahun 2021. Hal ini menyebabkan kinerja operasional Perhotelan belum dapat naik secara signifikan.

 

Anak usaha Manufaktur IKAI PT Internusa Keramik Alamasri dengan merek “Essenza”, secara umum strategi yang dilakukan untuk anak usaha keramik berfokus terhadap optimalisasi kapasitas produksi, peningkatan besaran pangsa pasar atau market share, dan efisiensi biaya beban produksi. 

 

Pada anak usaha perhotelan, IKAI memiliki dan mengelola hotel SwissBell Bogor melalui anak usaha PT Hotel Properti Internasional dan Swissbell-Inn Gajah Mada Medan serta Hotel Saka Medan melalui anak usaha PT Saka Mitra Sejati. Pada tahun 2021 secara operasional telah menunjukkan perbaikan dan peningkatan kinerja dibandingkan dengan kinerja tahun 2020 saat mulai mewabahnya pandemi Covid-19. Walaupun belum pulih seperti kondisi sebelum pandemi, perbaikan kinerja anak usaha hotel merupakan pencapaian yang baik ditengah kondisi ketidakpastian saat ini.