EmitenNews.com - JRNH Energy Venture Pte. Ltd, perusahaan energi  grup Rieckermann  asal Singapura telah menambah modal sebesar Rp150 miliar kepada PT Sumber Aneka Gas (SAG), anak usaha PT Super Energy Tbk (SURE) pada tanggal 23 November 2023. JRNH membeli 1 juta saham  seri B bernominal Rp600 per lembar yang diterbitkan oleh SAG dengan harga Rp150 ribu per helai.  

 

Sekretaris Perusahaan SURE, Andre Rachman dalam keterangan resmi Jumat (24/11) mengemukakan, suntikan modal  dari JRNH senilai Rp150 miliar  akan memberikan dampak yang positif bagi Perseroan pada umumnya dan bagi  anak usaha karena  memperkuat ekuitas PT SAG guna dapat menyelesaikan proyek usaha SAG

 

“Kehadiran JRNH  dalam struktur pemegang saham di SAG diharapkan juga akan dapat memberikan transfer knowledge yang bermanfaat, meningkatkan praktik tata kelola,” tulis Andre.

 

Andre menambahkan, laporan keuangan  SAG tetap terkonsolidasi dengan Perseroan. Hal itu disebabkan perseroan masih memiliki  hak suara mayoritas sebesar 81,5 persen di PT Energy Mina Abadi yang merupakan pemegang saham mayoritas sebesar 74,99 persen) dari SAG.

 

“Melihat komposisi itu  tidak terdapat perubahan pengendalian terhadap  SAG,” tegas dia.

 

Dijelaskan, Penyetoran modal oleh JRNH bukan merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana dimaksud Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan.

 

Namun dengan masuknya Grup Rieckermann  itu maka status perusahaan SAG berubah menjadi perusahaan penanaman modal asing (PMA).

 

Untuk diketahui, grup  Rieckermnn yang telah terlibat aktif bekerja dalam pengembangan industri selama lebih dari 130 tahun di berbagai sektor dengan layanan mulai dari penyediaan unit mesin dan peralatan hingga lini produksi yang lengkap serta penyediaan layanan purna jual (after-sales services).

 

SURE sepanjang kuartal III-2023 mengalami rugi bersih Rp83,478 miliar atau bengkak 76,5 persen dibanding periode sama tahun 2022 yang tercatat Rp47,513 miliar.