EmitenNews.com - Pelabuhan pengiriman minyak kelapa sawit (CPO) di Kubang Badak, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, bakal dibangun. PT Mukomuko Terminal Indonesia adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas pembangunan pelabuhan dengan investasi sebesar Rp500 miliar itu.

Dalam pernyataannya di Mukomuko, Senin (26/2/2024), Bupati Mukomuko Sapuan mengatakan, PT Mukomuko Terminal Indonesia sudah menyatakan keinginannya berinvestasi di wilayah tersebut.

"Berdasarkan keyakinan kami, tahapan awal pembangunan pelabuhan ini dapat segera dimulai," ujar Bupati Mukomuko Sapuan.

Bupati Mukomuko optimistis keberadaan pelabuhan ini nantinya akan memberikan dorongan ekonomi signifikan bagi masyarakat setempat, terutama dalam sektor pengiriman dan ekspor CPO. 

Proses pembangunan pelabuhan CPO di kawasan ini telah melalui berbagai tahapan administrasi dan teknis. Lokasi pelabuhan telah dinilai layak oleh pihak terkait setelah melalui serangkaian survei dan penilaian. Termasuk oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan lembaga lainnya.

Berbagai survei seperti Bathi Metri, Topograpi, Test Engineering, dan Hidro Oceanograpi dilakukan untuk memastikan kelayakan pembangunan pelabuhan ini. Termasuk aspek-aspek seperti gelombang laut, curah hujan, kekuatan angin, dan potensi gempa. ***