EmitenNews.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) yang bertanggung jawab atas Ruas Tol Cipularang dan Ruas Tol Padaleunyi memproyeksikan bahwa jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 sampai H+4, atau pada tanggal 12-15 April 2024, diperkirakan mencapai 520 ribu kendaraan.

Senior General Manager JMT Regional Division, Widiyatmiko Nursejati, menyatakan bahwa angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 42,82 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal, yang biasanya mencapai sekitar 364 ribu kendaraan. 

"Ini juga naik sebesar 2,99 persen jika dibandingkan dengan arus lalu lintas Lebaran tahun 2023, yang mencapai sekitar 505 ribu kendaraan," ujar Widiyatmiko dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (13/4/2024). 

Menurutnya, peningkatan lalu lintas arus balik ini merupakan akumulasi dari tiga gerbang tol (GT), yaitu GT Cileunyi (arah Jabodetabek), GT Pasteur (arah Jabotabek), dan GT Kalitama (arah Jabotabek).

Dalam periode arus balik Idul Fitri 1445 H, diprediksi akan terjadi puncak peningkatan lalu lintas kendaraan pada H+4 atau 15 April 2024.

 "Oleh karena itu, kami menghimbau kepada pemudik untuk menghindari kepulangan pada tanggal tersebut, dan juga untuk menghindari waktu favorit seperti melakukan perjalanan pada pagi atau malam hari," tambah Widiyatmiko.

Jasa Marga juga mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, termasuk memeriksa kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. 

"Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi yang prima sebelum memulai perjalanan," lanjutnya.

Informasi terkini tentang lalu lintas dapat diakses melalui kanal informasi resmi Jasa Marga seperti media sosial Instagram @jasamargametropolitan, Twitter @ptjasamarga, dan One Call Center 14080. 

Aplikasi Travoy juga dapat diunduh sebagai pendamping perjalanan selama mudik melintasi Ruas Tol Jasa Marga Group.