EmitenNews.com - Umat Kristiani mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo. Melalui media sosial Instagram, Jumat (29/3/2024), Presiden menyampaikan selamat memperingati Tri Hari Suci Paskah kepada umat Kristiani. Umat Kristiani diharapkan senantiasa dapat meresapi makna besar Jumat Agung.

"Selamat memperingati Jumat Agung kepada seluruh umat Kristiani. Semoga dapat senantiasa meresapi makna besar dari pengorbanan Yesus Kristus, serta menjadikan nilai kasih yang tulus, pengampunan tak terhingga, juga kedamaian yang menenangkan jiwa, sebagai inspirasi hidup kebersamaan kita sebagai bangsa Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam media sosial Instagram @jokowi.

Dalam unggahannya di akun media sosial Instagram @jokowi, Presiden Jokowi menyertakan ilustrasi umat Kristiani yang sedang memanjatkan doa dengan latar sawah dan bukit-bukit.

Seperti diketahui, pada Jumat ini, umat Kristiani merayakan Tri Hari Suci Paskah. Para jemaat mengikuti prosesi Jalan Salib ibadat Jumat Agung pada perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta.

Dalam rilisnya, Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie menyatakan Gereja Katedral memasuki ibadat yang disebut Jumat Agung. Salah satunya meliputi sebuah prosesi renungan, yakni mengenai kisah sengsara dari wafatnya Kristus atau disebut Jalan Salib Kreatif.

Susyana Suwadie menyebutkan pihaknya menyediakan sebanyak 2.700 kursi untuk jemaat yang ingin melakukan misa Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta.

“Jumat Agung ini akan diikuti oleh umat di seputar paroki Katedral Jakarta,” katanya.

Dari 2.700 kursi yang disiapkan itu, sebanyak 800 di antaranya di dalam gereja. Sisanya, terdapat di halaman gereja.

Untuk 800 kursi dalam gereja bisa diisi oleh jemaat yang telah melakukan registrasi terlebih dahulu. Sisanya, kursi-kursi di halaman gereja disiapkan untuk jemaat umum.

Misa Jumat Agung pada perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta berlangsung sebanyak tiga sesi. Pertama pada pukul 12.00 WIB, sesi kedua pukul 15.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 18.00 WIB.

“Semua misa itu kami siarkan juga secara langsung melalui YouTube Gereja Katedral Jakarta,” ujar Susyana Suwadie.

Sedikitnya 162 personel gabungan TNI/Polri yang berjaga selama rangkaian Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta. ***