EmitenNews.com - Ini sedikit kabar baik dari perkembangan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Sebanyak 34 dari 152 pasien tertular Virus Corona (Covid-19) varian Omicron yang ditemukan di Indonesia sudah sembuh. Dari total 152 pasien Omicron itu, menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, lebih dari setengahnya, tidak bergejala. Sisanya mengalami gejala sakit ringan.


Dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (3/1/2022), Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sebanyak 34 orang (23 persen) dari 152 pasien varian Omicron itu, sudah sembuh. Kini mereka sudah kembali ke rumah masing-masing.


Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, sejauh ini kasus Omicron di Indonesia mencapai 152 kasus, atau meningkat 16 kasus dalam 24 jam terakhir. Lebih dari setengah total pasien tersebut, tidak memiliki gejala, orang tanpa gejala. Sisanya mengalami gejala sakit ringan.


"Artinya tidak membutuhkan oksigen, saturasinya masih di atas 95 persen. Sampai sekarang tak membutuhkan perawatan serius di RS. Cukup kasih obat dan vitamin mereka kembali ke rumah," kata Budi.


Negara yang paling banyak melaporkan kasus Corona varian Omicron ini berada di wilayah Benua Eropa. Sementara itu, kasus Omicron di Afrika Selatan, negara pertama yang melaporkan adanya varian baru virus Corona ini, November 2021, telah menurun.


"Inggris, Denmark, Amerika itu di atas 20 ribu kasus. Afrika Selatan  sudah turun di angka 1.800-an," ujarnya.


Posisi Indonesia saat ini berada pada posisi 40 dengan jumlah kasus omicron terkonfirmasi sebanyak 152 orang. Sementara negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Singapura menempati posisi lebih tinggi ketimbang Indonesia karena mengalami lonjakan di atas 1000 kasus.


"Indonesia pada posisi 40. Jumlahnya per hari ini 152 kasus, setelah ada tambahan 16 kasus, dibandingkan dua hari lalu. Semua berasal dari pelaku perjalanan luar negeri," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. ***