EmitenNews.com - Indonesia membawa kabar gembira dari Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2023 di Chamonix, Prancis. Dalam kejuaraan yang berlangsung 7-9 Juli 2023 itu, Indonesia sukses membawa pulang empat medali dari nomor speed putra dan putri. Dari nomor speed putra, Rahmad Adi Mulyono meraih medali emas dengan catatan waktu terbaik 5,01 detik pada final Minggu (9/7/2023). Ia mengalahkan atlet asal Kazakhstan, Rishat Khaibullin, yang membukukan waktu 5,05 detik. 

 

Kepada pers, Rahmad Adi Mulyono mengaku sangat senang dan bersemangat karena ini adalah medali emas pertama di kompetisi Piala Dunia. Apa yang diraihnya, setimpal dengan persiapan yang dilakukannya. Ia mengaku menjalani latihan keras sesama anggota tim, selama persiapan menuju seri Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Prancis itu.

 

Pada nomor yang sama, atlet Indonesia lainnya yakni Nursamsa Raharjati meraih medali perunggu, dengan mencatatkan waktu 5,323 detik pada perebutan tempat ketiga. 

 

Untuk nomor speed putri, Rajiah Salsabillah juga mempersembahkan medali emas, setelah mencatatkan waktu 6,97 detik pada final. Ia mematahkan perlawanan atlet tuan rumah Andrier Victorie yang membukukan waktu 9,59 detik. Bagi Rajiah, ini juga merupakan medali emas pertamanya pada seri Piala Dunia. 

 

"Ini podium pertama saya dan emas pertama saya. Saya sangat bahagia. Sangat gembira. Saya sangat bangga berada di sini dan saya mendapat banyak dukungan dari seluruh tim," kata Rajiah. 

 

Berikutnya, medali perunggu nomor speed putri menjadi milik Lalu Nurul Iqamah yang mencatatkan waktu 7,16 detik pada perebutan tempat ketiga. 

 

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FTPI) Yenny Wahid menyambut hangat prestasi tim Merah Putih itu. Menurut putri Gus Dur ini, hasil bagus di Prancis merupakan modal penting untuk bersaing pada Olimpiade Paris 2024. 

 

"Saya sangat terharu dengan raihan medali para atlet kita dalam berbagai kejuaraan. Saya tahu mereka bekerja sangat keras untuk bisa beradaptasi di posisi ini,” katanya. 

 

Apa yang ditunjukkan para atlet panjat tebing di Prancis itu, semakin menguatkan harapan untuk olahraga panjat tebing bisa menyumbangkan medali di Olimpiade Paris 2024. Yenny Wahi memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia, untuk kejayaan olah raga panjat tebing di Tanah Air. ***