EmitenNews.com—PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membantah kabar akuisisi 5-10% saham PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX). Pemilik dan pengelola jaringan toko ritel modern Alfamart itu menyanggah kabar caplokan saham produsen masker.

 

Corporate Secretary AMRT Tomin Widian mengklarifikasi bahwa perseroan tidak memiliki niatan untuk memborong saham emiten yang baru melantai pada 6 Desember 2022.

 

"Sampai dengan tanggal klarifikasi ini dilakukan, belum ada rencana dari Perseroan untuk menguasai 5 - 10 persen dari PT Multi Medika Internasional Tbk," kata Tomin dalam keterangannya, Kamis (16/2/2023).

 

Kongsi bisnis antara Alfamart dengan MMIX sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. MMIX merupakan produsen masker yang mendistribusikan produk dengan merek dagang Alfamart.

 

"MMIX memiliki kontrak eksklusif dan merupakan supplier House Brand Private Label ( HBPL ) produk market Indomaret dan Alfamart," terang perseroan.

 

AMRT juga menjadi salah satu pembeli produk MMIX dengan kapasitas di atas 10%, dengan nilai Rp33,41 miliar per 31 Mei 2022, berdampingan dengan PT Indomarco Prismatama alias Indomaret, dengan nilai yang tak jauh berbeda.

 

Di sisi lain, sebagian besar penjualan produk MMIX juga masih bergantung pada 2 raksasa ritel tersebut, kurang lebih di 50.000 titik, yakni AlfaMart dan AlfaMidi sekitar 19.000 titik, sedangkan Indomaret dan Indogrosir sekitar 20.000 titik.