EmitenNews.com - Soechi Lines (SOCI) mengantongi restu right issue 2.353.000.000 helai alias 2,35 miliar eksemplar. Rencana itu, mendapat dukungan 99,98 persen dengan pemilik suara 5,67 miliar. Persetujuan rencana aksi korporasi itu, juga didukung dengan tingkat kehadiran investor sekitar 80,348 persen.


Pemberian mandat itu, diputuskan dalam gelaran rapat umum pemegang saham luar biasa pada Jumat, 11 Agustus 2023. Dengan begitu, perseroan langsung menggodok penerbitan 2,35 miliar lembar dengan balutan nilai nominal Rp100. Dana hasil  right issue  setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan untuk sejumlah kebutuhan.


Misalnya, tambahan modal kerja, dan pelunasan pinjaman oleh perusahaan anak perseroan. Penambahan modal hasil right issue dilakukan dalam bentuk tunai, dan diperkirakan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan perseroan. Yaitu, memperkuat struktur permodalan, akan meningkatkan kemampuan kas, dan menurunkan liabilitas.  


Kondisi itu, pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham. Sementara pemegang saham tidak melaksanakan haknya dalam aksi korporasi tersebut, akan mengalami dilusi kepemilikan saham sebesar maksimum 25 persen.  


Jumlah saham yang akan diterbitkan tersebut bergantung pada keperluan dana, dan harga pelaksanaan right issue. Kalau terjadi perubahan jumlah maksimum rencana pengeluaran saham dengan skema right issue, perubahan akan diumumkan lebih lanjut. (*)