EmitenNews.com - TBS Energi (TOBA) mengantongi restu menggelar right issue 1.399.828.075 helai alias 1,39 miliar lembar. Pengeluaran saham anyar itu, dibalut dengan nilai nominal Rp50 per saham. Aksi itu, paling telat pada Mei 2024. 


Penambahan modal dari hasil right issue akan memperkuat struktur permodalan, mendukung perkembangan, dan ekspansi usaha perseroan. Peningkatan modal untuk jangka panjang diharapkan meningkatkan daya saing usaha, dan meningkatkan imbal hasil nilai investasi bagi pemegang saham.


Seluruh dana dari gelaran right issue untuk memperkuat struktur permodalan perseroan. Antara lain, untuk membiayai kegiatan investasi berhubungan dengan pengembangan usaha saat ini tengah dijalankan yaitu bidang energi baru dan terbarukan (EBT). 


Jenis usaha akan dikembangkan mencakup pembangkit listrik tenaga angin, solar panel, air, biomassa, ekosistem kendaraan listrik, dan bidang usaha lain berkenaan dengan keberlanjutan lingkungan, saat ini sedang tahap pengembangan. Selain itu, dana right issue juga untuk kegiatan secara umum, berkenaan dengan pembiayaan kegiatan operasional, dan kebutuhan pembayaran kewajiban jangka pendek.


Selain itu, investor juga menyetujui private placement program MESOP maksimal 161.365.421 helai alias 161,36 juta lembar dengan nilai nominal Rp50 per saham. Pelaksanaan private placement untuk program MESOP akan dilakukan dalam tempo 5 tahun sejak persetujuan rapat umum pemegang saham.


Seluruh dana hasil private placement untuk program MESOP setelah dikurangi biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan. Seluruhnya akan digunakan untuk membiayai investasi, dan untuk kegiatan perseroan secara umum. (*)