EmitenNews.com - PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) tengah menghadapi masa jatuh tempo obligasi yang dekat. Obligasi ADCP yang akan segera jatuh tempo adalah obligasi I/2021 Seri B senilai Rp 9 miliar, yang akan jatuh tempo pada tanggal 20 Mei 2024.

fPemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), menyampaikan bahwa ADCP berencana untuk melunasi obligasi tersebut menggunakan dana baik dari internal maupun eksternal.

Pada tanggal 29 Februari 2024, ADCP mencatat saldo kas sebesar Rp 43 miliar, dengan tambahan fasilitas kredit yang belum digunakan sebesar Rp 88 miliar, sebagai sumber utama likuiditas. Peringkat obligasi ADCP saat ini, yang akan jatuh tempo pada tanggal 4 September, berada pada level idBBB.

Adhi Commuter Properti dikenal sebagai pengembang yang fokus pada produk properti dengan konsep transit-oriented development (TOD). 

Perusahaan ini menawarkan berbagai jenis properti seperti apartemen, gedung perkantoran, dan rumah tapak, sambil mendapatkan pendapatan berulang dari hotel-hotel bermerek GranDhika yang tersebar di Jakarta, Semarang, dan Medan.

Hingga akhir Desember 2023, laba bersih perusahaan ini mencapai Rp 116,16 miliar, mengalami peningkatan sebesar 10,61% secara year on year (yoy) dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 105,02 miliar. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, ADCP mencatat kenaikan pendapatan sebesar 10%, mencapai Rp 651,96 miliar.