EmitenNews.com - Kapolres Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar seperti berada dalam tempat, dan waktu yang tidak tepat. Sang kombes berada dalam situasi sulit terkait kasus pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap (mantan) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Beredarnya foto yang memperlihatkan Ketua KPK Firli Bahuri, dan Syahrul memperjelas bahwa pimpinan komisi antirasuah yang dimaksud adalah Firli. Dalam pemeriksaan Irwan mengaku mengenal dengan baik keduanya.

 

Kepada wartawan, Selasa (10/10/2023), Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menyebut Kombes Irwan Anwar punya hubungan kekerabatan dengan  Syahrul Yasin Limpo, sedangkan Firli Bahuri adalah bekas atasannya.

 

"Kombes Irwan Anwar adalah kerabat dari SYL dan mantan anak buah dari FB. Peran dia sebetulnya tidak pernah menduga akan meledak seperti ini kasus," ucap Sugeng Teguh Santoso.

 

Kombes Irwan adalah suami dari Andi Tenri Gusti Harnum Utari Natassa, keponakan SYL. Ibunda sang istri, Dewi Yasin Limpo adalah mantan anggota DPR RI, adik Syahrul Yasin Limpo. Irwan yang duda dua anak, menikahi Andi tahun 2020. 

 

Mantan atas di Polda NTB

 

Sementara itu, Irwan dengan Firli, saling kenal ketika berdinas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Firli ketika itu Kapolda NTB, sedangkan Irwan, Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda NTB tahun 2017.

 

Dalam pandangan Sugeng Teguh Santoso, peran Kombes Irwan dalam kasus pemerasan, dan gratifikasi yang melibatkan Ketua KPK Firli Bahuri itu, sebenarnya hanya ingin membantu SYL sebagai pamannya. 

 

“Dia ingin membantu pamannya saja. Dia tidak punya niat jahat yang lain. Ternyata kasus ini meledak karena SYL membuka dugaan pemerasaan itu. Jadi, dia terseret dalam arus perseteruan antara SYL dengan KPK- FB," kata Sugeng.

 

Karena itu, untuk menuntaskan kasus pemerasan yang melibatkan Ketua KPK Firli Bahuri, menurut Sugeng peran Kombes Irwan sangat penting. Karena sekaligus terkait dengan penanganan kasus dkorupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Mentan. Menurutnya, Polda Metro Jaya perlu melindungi Kombes Irwan sebagai saksi kunci.