EmitenNews.com - United Tractors (UNTR) menginjeksi modal PT Patria Maritime Lines (PML) Rp460 miliar. Pinjaman lunak kepada PML tersebut sebagai modal kerja. Awalnya, pinjaman tersebut hanya Rp280 miliar.


Pada 15 Februari 2023, United Tractors dan PML telah meneken perubahan atas perjanjian, yang mengubah ketentuan dalam perjanjian tersebut. ”Perjanjian terbaru telah ditandatangani pada 15 Februari 2023,” tulis Sara K. Loebis, Corporate Secretary United Tractors.


Sebelumnya, United Tractors dan PML telah menandatangani perubahan atas perjanjian pinjaman yang sebelumnya dilakukan pada 29 Mei 2019. Adapun pinjaman yang diberikan United Tractor berubah dari Rp280 miliar menjadi Rp460 miliar. Perubahan skema itu, telah disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Pinjaman itu, masuk transaksi afiliasi. Pasalnya, United Tractor menguasai saham PML melalui United Tractors Pandu Engineering (UTPE). Pinjaman untuk modal kerja PML bersifat term loan dengan bunga JIBOR + 0,5 persen. Secara bisnis, pinjaman itu menguntungkan PML dibanding menyimpan dana kas di bank dengan rate deposito.


United Tractors Pandu Engineering menjalankan bisnis solusi teknik, dan logistik bidang industri alat berat, maritim, dan industri. Sedang PML bergerak bidang jasa logistik pengangkutan batu bara, dan crude palm oil (CPO). (*)