EmitenNews.com - PT Waskita Karya (WSKT) menginjeksi modal Jasamarga Jogja Bawen (JJB) senilai Rp4,38 miliar. Itu dilakukan melalui penyerapan 4.375 lembar dari total 35 ribu dengan total nilai nominal Rp35 miliar.


Waskita Karya melakukan transaksi itu, berdasar bukti setoran modal pada 29 November 2021. Kala itu, JJB telah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor semester II tahun 2021 sebanyak 35 ribu lembar saham. ”Transaksi dilakukan pada 29 Desember 2021,” tutur Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, seperti dicuplik dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (31/21).


Transaksi itu, masuk afiliasi. Itu karena Waskita Karya melakukan transaksi dengan JJB sebagai entitas usaha. Waskita Karya memiliki 12,05 persen saham dari modal disetor JJB.


Transaksi Waskita Karya itu, dilatari untuk mencukupi kebutuhan pendanaan, operasional, memenuhi kewajiban JJB kepada pihak lain, dan untuk kegiatan JJB sehubungan dengan pengusahaan jalan Tol Ruas Yogyakarta-Bawen. ”Transaksi itu, diharap JJB memaksimalkan kinerja usaha, dan memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham JJB,” imbuh Destiawan.


Sebelum transaksi, Waskita Karya memegang 9,843 lembar saham dengan nominal Rp1 juta. Angka sama juga dicatat PT Adhi Karya (ADHI), Pembangunan Perumahan (PTPP), PT Brantas Abipraya, dan di PT Brantas Abipraya atau masing-masing 12,5 persen.


Menyusul transaksi itu, Jasa Marga (JSMR) mengempit 60 persen, disusul Adhi Karya, PTPP, dan WSKT, masing-masing memegang 13,5 miliar saham atau Rp198 per lembar. (*)