EmitenNews.com - Energi Mega Persada (ENRG) akan memaksimalkan Blok Buzi EPCC, Mozambik, Afrika. Untuk itu, melalui anak usaha yaitu Buzi Hydrocarbons Pte. Ltd, Energi Mega menggandeng Pertamina Internasional EP (PIEP). Nota kesepahaman tidak mengikat telah diteken pada 23 Agustus 2023.


Kolaborasi itu, meliputi kajian dan analisa atas potensi Kerja sama dalam pengoperasian Blok Buzi EPCC (Buzi). Pembukaan data mengenai Buzi untuk mempelajari lapangan-lapangan gas terkait. Peninjauan atas potensi integrasi di antara aktivitas upstream, midstream, dan downstream untuk memproduksi gas sebagai bahan bakar pembangkit listrik.


Buzi Hydrocarbon merupakan anak usaha perseroan, dengan 75 persen partisipasi interes, dan operator Blok Buzi, Mozambik, Afrika Selatan (Afsel). Perseroan berharap dapat segera memulai kerja sama dengan PIEP di Mozambik. Cadangan gas di Buzi dapat segera dikomersialisasikan untuk memasok kebutuhan bahan bakar pembangkit listrik di Mozambik, dan sekitarnya.


Perseroan cukup senang dapat bekerja sama dengan PIEP untuk memonetisasikan cadangan, dan sumber daya gas cukup besar di Buzi. ”Kami percaya PIEP memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat mempercepat pengembangan atas Buzi,” tutur Syailendra S. Bakrie, Direktur Utama Energi Mega Persada. 


Perseroan berharap untuk dapat segera memproduksikan gas dari aset Buzi. Itu diharap dapat menyelesaikan masalah kekurangan pasokan gas untuk pembangkit listrik Mozambik, Afrika Selatan, dan negara-negara tetangga. (*)