EmitenNews.com - Matahari Department Store (LPPF) membuka gerai anyar di Pollux Mall Chadstone, Cikarang, Jawa Barat (Jabar). Itu gerai baru kedua tahun ini yang dibuka pada Kamis, 23 Februari 2023. Matahari menarget membuka lima gerai baru lagi sebelum Lebaran 2023.


”Kami hadir membawa nilai, dan memenuhi kebutuhan fashion pelanggan baru. Kami akan membuka lima gerai Matahari lagi hingga awal April nanti,” tulis Terry O'Connor, CEO Matahari Department Store.


Sepanjang 2023, Matahari mematok pembukaan minimal 12 gerai baru. Dengan proyeksi tersebut, total gerai beroperasi secara nasional menjadi 160 atau lebih pada akhir 2023. Gerai baru di Pollux Mall Chadstone memiliki luas 3.000 meter persegi dan membuat total gerai Matahari beroperasi berjumlah 150 unit seluruh Indonesia. 


Matahari Pollux Mall Chadstone berada di depan pintu tol KM 31 Cikarang Barat dari tol Jakarta-Cikampek, dan dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum. Gerai-gerai baru Matahari mayoritas berada di luar provinsi DKI Jakarta. Dua gerai baru akan dibuka di Jawa Tengah, di The Park, dan Uptown Mall Semarang, dan satu gerai di Sleman Mall Yogyakarta.


Perseroan juga akan membuka dua gerai baru di luar Pulau Jawa yaitu Discovery Mall di Kuta Bali, dan Plaza Balikpapan di Kalimantan Timur. Matahari telah membuka 10 gerai baru selama 2022, dan berencana membuka 12-15 gerai pada 2023. ”Kami memiliki tujuh gerai tambahan pertama akan dibuka beberapa minggu mendatang. Kemungkinan besar dan hampir pasti kami dapat menjalankan komitmen membuka 12-15 gerai pada 2023,” ucapnya.


Sebelumnya, Matahari akan mengalokasi sekitar Rp400 miliar untuk belanja modal atau capex pada 2023. Matahari bakal melanjutkan ekspansi penambahan toko, termasuk investasi pada gerai merek baru. ”Setiap tahun kami mengalokasikan belanja modal Rp400 miliar,” tegasnya. (*)