EmitenNews.com - Entitas Adaro Energy Indonesia (ADRO) menginjeksi modal Indoprima Niaga Sejahtera (INS) Rp136,17 miliar. Guyuran pinjaman itu, dilakukan anak usaha perseroan yaitu Alam Tri Abadi (ATA). Teken perjanjian telah dilakukan pada 28 Desember 2023. 

Fasilitas pinjaman itu, dibekali dengan bunga 7 persen per tahun, dihitung berdasar masing-masing jumlah pinjaman yang dicairkan. Pinjaman berdurasi satu tahun alias jatuh tempo 31 Desember 2024. Dana tersebut untuk kegiatan operasional INS dan/anak usaha.

Transaksi perjanjian pinjaman itu, salah satu strategi perseroan menangkap peluang investasi dalam mengembangkan bisnis. Perseroan berusaha memaksimalkan potensi keuangan, dan jaringan luas untuk menangkap peluang investasi yang baik dan pada akhirnya menghasilkan tingkat pengembalian sehat bagi pemegang saham. 

Perseroan saat ini memiliki posisi keuangan dan tingkat likuiditas cukup baik. Oleh karena itu, perseroan memiliki fleksibilitas untuk melakukan investasi pada sektor riil maupun sektor keuangan. Perseroan juga telah melakukan kajian terhadap profil risiko sendiri atau tingkat toleransi terhadap fluktuasi investasi yang akan dilakukan. 

Perseroan memastikan ada kajian profil risiko, diversifikasi investasi, memantau, dan menyeimbangan portofolio investasi. Pinjaman itu, akan mendukung pengembangan bisnis INS dan/atau anak-anak usahanya. Transaksi itu, akan memberi nilai positif bagi kedua pihak, dan makin mendukung pengembangan bisnis, dan memaksimalkan tingkat pengembalian. (*)